Metro Blog News - Mahasiswa Sumbang Kapal Wisata Lintasi Sungai Kalimas

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, berencana memanfaatkan Sungai Kalimas sebagai wisata air. Mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) pun mendukung rencana itu dengan menyumbangkan dua kapal seharga Rp700 juta.

Wali Kota Surabaya, Tris Rismaharini, menerima sumbangan kapal itu. Ia pun berkesempatan mencoba kapal dengan mengelilingi Kota Surabaya melintasi Sungai Kalimas.

Kedua kapal merupakan hasil karya mahasiswa dan dosen PPNS. Nama kapal yaitu Kalimas 1 dan Kalimas 2. Pengerjaan desain kapal dilakukan di bengkel nonmetal milik PPNS.

Kapal berkapasitas 12 penumpang. Panjangnya yaitu delapan meter. Kapal lulus uji ketahanan dan keamanan sehingga penumpang akan merasa nyaman saat melintasi satu-satunya sungai di Surabaya itu.

Pengguna kapal tentunya mendapat suguhan berupa keindahan taman kota yang tertata rapi di sepanjang bantaran sungai. Susunan gedung tinggi pun menyemarakkan keindahan kota.

Selain itu, pemerintah kota juga mengebut pengerukan bagian sungai yang dangkal untuk mendukung rencana wisata itu. Pemerintah juga akan rutin membersihkan sungai.

Selama ini, Sungai Kalimas hanya menjadi lokasi memancing dan latihan mendayung. Namun keberadaan dua kapal itu diharapkan mendukung wisata air Surabaya dan menambah minat warga berekreasi dalam kota.(Rudi Pardosi/RRN)


Source : metrotvnews[dot]com