38 Grup Drum Band Beraksi di Depan Wagub Ahok




Sabtu, 16 Maret 2013 18:19:37 WIB




Drumband01-n

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 38 grup drum band/ marching band se-Ibukota unjuk gigi di hadapan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di Hall A GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3).


Drumband02-330


Mereka juga bakal bersaing dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Drumb Band/ Marching Band se-DKI Jakarta yang akan berlangsung hingga Minggu (17/3).


“Ke-38 grup peserta ini terdiri dari 17 peserta SD, 16 peserta remaja brass SMP atau SMA, dan 5 peserta remaja non brass SMP atau SMA. Semuanya berasal dari sekolah-sekolah yang ada di 5 wilayah kota administrasi Jakpus, Jaksel, Jakut, Jakbar, dan Jaktim,” papar Ketua Umum Pelaksana Kejuaraan, Dario Sahad, di sela kegiatan.


Drumband-03


Mereka, lanjut Dario, akan bersaing memperebutkan piala bergilir Gubernur DKI Jakarta dalam 3 nomor mata lomba, yakni paradampak atau defile, baris-berbaris, dan unjuk gelar.


Ketua Umum Pengprov Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) DKI Jakarta, Arie Budiman Sudarto, menilai banyaknya peserta yang mengikuti kejuaraan ini menunjukkan semakin baiknya pembinaan generasi muda. Kompetisi drumb band ini, tambahnya, dapat membangun jiwa, seni dan budaya generasi muda dalam memainkan berbagai instrumen musik, membangun badan yang sehat, jiwa disiplin, kekompakan, dan kecerdasan.


“Kompetisi ini juga dapat membangun jiwa yang sportif dan meningkatkan kualitas masing-masing peserta. Mudah-mudahan cabang olahraga ini bisa dipertandingkan di PON,” katanya.


Wagub Ahok pun menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, ajang kompetisi seperti ini dapat memacu kreativitas siswa-siswi sekolah di DKI Jakarta, dan menggenjot semangat untuk selalu menjadi yang terbaik dan berprestasi. Karena itu, menurutnya, perlu diadakan rutin setahun sekali.


“Sayang memang 2 tahun sekali, harusnya bisa setiap tahun. Karena sekarang anak-anak lebih suka main game, padahal di perbatasan India-Pakistan saja turun naikin bendera benar-benar diadu,” ujar Ahok sebelum membuka kegiatan secara resmi dengan memukul bass drum.


Untuk itu, Ahok menyebutkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Olahraga dan Pemuda akan berupaya memberikan fasilitas penunjang berupa peralatan drum band/ marching band kepada sekolah-sekolah yang membutuhkan. “Mereka harus latihan dengan disiplin,” imbuhnya. (yulian/d)