Ditemukan Peninggalan Manusia Purba di Gunung Sodong




Jumat, 19 April 2013 00:18:57 WIB




ilusditemukan

BOGOR (Pos Kota) – Selama 10 hari penggalian yang dilakukan 16 mahasiswa arkeolog UI di kawasan Gunung Sodong, Kampung Parung Singa, Desa Karehkel, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, menemukan beragam jenis artefak yang diduga peninggalan manusia purbakala.


Artefak berhasil diangkat dari kedalaman 50 Cm-1 meter di beberapa titik di area Gunung Sodong itu, di antaranya berupa perkakas, alat pertanian, bahkan pecahan gerabah dan tembikar. “benda-benada ini diduga kuat sebagai alat pertanian manusia purba,” kata Indri, Ketua Tim Penggalian UI, Kamis.


Dijelaskannya, temuan sejumlah artefak ini letaknya tak jauh dari lokasi galian asir dan batu yang sebelumnya pernah ditemukan beberapa menhir batu kujang setinggi 6 meter. “Kami berkeyakinan di kawasan ini pernah menjadi pemukiman masyarakat purba. Masih banyak lagi artefak yang terpendam di beberapa titik, termasuk di lokasi galian pasir yang ditemukan menhir batu kujang,” jelasnya.


Sementara Djunaedi Samaun, Kabid Kebudayaan dari Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor mengatakan dengan ditemukannya bukti-bukti peninggalan manusia purba ini, Pemkab Bogor berencana menindaklanjuti dengan penggalian secara besar-besaran. “Kami masih menunggu langkah lebih lanjut. Jika memang memungkin untuk dilakukan eskavasi besar-besaran pertenghan 2013 ini,” ujarnya. (iwan)