Lima Artis Rebut Hati Warga Jatim




Sabtu, 27 April 2013 06:28:05 WIB




Pada Pemilu Legislatif 2014


iluslima

SURABAYA(Pos Kota)-Setidaknya ada lima artis yang berharap bisa duduk di DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April 2014 mendatang.


Lima artis itu adalah Eko Hendro Purnomo, Venna Melinda, Emilia Contessa, Anang Hermansyah dan Hengki Kurniawan. Dua nama terdepan merupakan calon legislatif incumbent yang sama-sama tengah duduk di Komisi X DPR RI. Sementara tiga nama terakhir muka baru di dunia politik yang mencoba keberuntungannya di Pileg 2014 mendatang.


Eko, Anang dan Hengki sama-sama bernaung di bawah Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mengantarkan mereka ke kursi parlemen. Eko yang terkenal dengan komedinya bakal nyaleg lagi dari Dapil VIII Jatim yang meliputi Jombang, Nganjuk, Kab dan Kota Madiun, Kab dan Kota Mojokerto.


Sedangkan penyanyi Anang Hermansyah berebut simpati masyarakat di tanah kelahirannya di Dapil IV Jatim (Lumajang dan Jember). Sementara Hengki bakal maju dari Dapil VI Jatim yang meliputi Tulungagung, Kab dan Kota Kediri, Kab dan Kota Blitar.


Melalui Partai Demokrat, Venna Melinda bakal maju lagi dari Dapil yang sama di pileg 2009 lalu yakni Dapil VI meliputi Tulungagung, Kab dan Kota Kediri, Kab dan Kota Blitar. Dapil itu merupakan dapil yang mengantarkan Melinda untuk pertamakalinya menjadi anggota DPR akibat limpahan suara dari caleg di atasnya mantan Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum saat itu.


Emilia Contessa meski pernah kalah dalam pertarungan Calon Wakil Bupati Banyuwangi lalu, ia bakal maju dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dari Dapil III yang meliputi Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi.


Sebagai partai yang punya banyak caleg artis, Partai Amanat Nasional (PAN) tidak mengingkari daya tarik yang kuat seorang artis di masyarakat. Bahkan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Timur, Kuswijanto mengatakan tiga artis yang bakal maju dari partainya itu diharapkan bisa mendongkrak perolehan suara di parlemen.


“Kita tidak bisa mengingkari popularitas artis itu kita harapkan bisa mendongkrak perolehan suara di Pileg nanti,” ujarnya, Kamis (26/4).


Terlebih dari ketiga Dapil yang ditempati artis itu, PAN pada Pileg 2009 lalu hanya mendapat satu kursi di dapil VIII atas nama Eko dan satu kursi dari Dapil VI atas nama A. Riski Sadiq.

Kuswijanto berharap di Pileg 2014 nanti bisa bertambah lagi kursi PAN yang berasal dari ketiga artis di dapilnya masing-masing. “Dari dapil IV kita tidak punya wakil di DPR, setidaknya dari dapil ini kita akan punya wakil nanti, sementara dapil VI kita harap bisa bertambah lagi,” terangnya.


Ketiganya dianakemaskan dengan menempatkan di posisi nomor urut teratas. Sebut saja Eko yang menduduki urutan pertama caleg PAN di Dapil VIII, demikian juga Anang dipasang di posisi pertama Dapil IV, sementara Hengki di urutan kedua di bawah caleg incumbent A. Riski Sadiq dari Dapil VI. “Tidak benar itu (bergantung pada artis), maksudnya semua calon harus kerja keras, semua punya peluang sama yang menentukan adalah rakyat nanti,” ujarnya.(nurqomar)