Enam Dosen IPB Bikin Restoran Siap Saji




Sabtu, 8 Juni 2013 17:19:08 WIB




dosenipb86

BOGOR (Pos Kota) – Enam dosen IPB dari beberapa fakultas bersama beberapa alumni membuat gerai makanan fast food sehat Dillenia di lantai IV Botani Square di Kota Bogor dengan modal awal Rp700 juta.


Hal ini dilakukan bukan semata mencari keuntungan, tetapi untuk memperkenalkan makanan cepat saji sehat dengan menggunakan bahan baku lokal.


“Kami mulai buka pada Rabu. Masyarakat bisa membeli makanan cepat saji sehat mulai dari Rp 27.500 per porsi hingga Rp 71.500 per porsi,” kata Dwiko Gunawan, Manajer “Dillenia” kepada wartawan.


Menurut Dwiko, makanan yang ditawarkan merupakan menu sehat seperti Burger Tenderloin Hotplate, Beef Slice Hotplate, atau Salmon, dengan menu pilihan karbohidrat seperti kentang goreng, nasi putih, nasi merah, atau nasi analog. Sementara untuk minuman ada minuman alang-alang, jahe, kencur, dan kunyit.


BAHAN ORGANIK


Menurut dia, untuk membuka usaha ini dosen IPB seperti Linawati (Fakultas Perikanan), Umi Cahyaningsih (Fakultas Kedokteran Hewan), Ani Mardiastuti (Fakultas Kehutanan), Syarifah (Fakultas Pertanian), Yetty Purnama (Fakultas Ekologi Manusia), dan Slamet Budiyanto(Fakultas Teknologi Pertanian), bersama beberapa alumni mengumpulkan dana Rp700 juta.


“Modalnya berbeda-beda mulai dari 5-20 persen. Belum terpikir kapan akan kembali modal karena tujuannya juga untuk memperkenalkan makanan cepat saji sehat, sekaligus mengenalkan makanan lokal,” katanya.


Vento Saudale 30, yang memesan Nasi Analog dan Beef Slice Hotplate mengaku kendati rendah kalori, makanan yang disantapnya sangat lezat.


Hanya beberapa menit, dia menyantap makanan itu hingga ludes. Dia juga mengaku makan di sana unik karena bisa melihat berapa kalori dan lemak yang terkandung dalam makanan itu.

“Di sini sehat makanannya,” katanya. (yopi)