Hasil Kerja 3 Tahun di Taiwan Raib dalam Sekejap




Minggu, 23 Juni 2013 12:07:43 WIB




ilushasil

JAKARTA (Pos Kota) – Menjelang bulan Ramadhan, bandit pembius mulai gentayangan. Seorang TKW baru pulang dari Taiwan dibius sepasang pria dan wanita, lalu dibuang di Tol TMII, Jakarta Timur, Sabtu (21/6) dinihari. Aneka perhiasan, HP dan uang tunai sekitar Rp6 juta amblas.


Castri Utami, 30, ditemukan Brigadir Zainul, petugas Patroli Jalan Raya (PJR), di KM 5 Tol TMII. Dia tergeletak tak sadar diri dan pelipisnya berdarah. “Petugas kami melihat korban masih hidup langsung dibawa ke RS Polri Kramatjati,” kata Kasubdit PJR Polda Metro Jaya, AKBP Besar Jazari.


Castri baru siuman empat jam setelah dirawat. Menurut Castri, setiba di Bandara Soekarno Hatta dia menunggu kerabatnya yang akan menjemput di Terminal 2 D. Casmi bermaksud pulang ke Kampung Cikatata, RT 04/01, Kel. Banjaraharjo, Brebes. Di saat menunggu itulah dia dihampiri wanita berambut panjang mengaku bernama Tami dan lelaki cepak mengenakan kaos abu-abu dan tas selempang mengaku bernama Ridwan.


“Mereka ngaku suami istri ngajak kenalan dan mengajak saya makan di restoran. Ridwan ngakunya kerja di perusahaan onderdil terkenal. Tadinya saya sempat curiga, tetapi karena kelihatannya baik saya mau saja. Saya nggak makan, cuma minum saja,” kata ibu satu anak ini.


Teman baru Castri juga berbaik hati mengajak pulang bareng ke Brebes naik Avanza yang katanya punya mereka.


DICEKOKI JAMU


Castri, yang selama tiga tahun jadi pembantu di Taiwan, masih tidak curiga dan ikut naik Avanza warna silver. Mobil itu dikemudikan pria yang tidak diketahui namanya.


Dalam perjalanan, sopir mengajak mampir ke warung jamu. “Sopirnya bilang minum jamu supaya nggak masuk angin. Saya dipaksa minum tapi menolak. Karena dipaksa terus, saya minum juga,” cerita Castri. Anak pasangan Darmanto, 50, dan Sarsem, 40, ini merasa pusing setelah minum jamu.


Castri tidak tahu apa yang terjadi selanjutnya. “Tahunya sudah di rumah sakit. Semua perhiasan emas yang saya pakai, gelang, kalung, cincin hilang semua,” kata Castri.


Tas berisi uang tunai 3.000 dolar Taiwan (TWD), 320 dolar Amerika Serikat, dan Rp1 juta, juga amblas. Harta lain yang hilang, tablet Ipad dan 3 HP.


Kasus pembiusan bukan kali pertama terjadi. Pembius biasanya mulai gentayangan di Bandara Soekarno Hatta menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri. Mereka mengincar TKI yang baru pulang dari luar negeri. Polisi mengimbau warga jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal. (M1/yp/ird)


teks foto : Castri Utami, 30, TKW yang mengaku dibius oleh pelaku di Bandara Soetta. (Aji)