Kaleng Bekas Disulap Jadi Barang Mahal




Minggu, 9 Juni 2013 00:38:40 WIB




iluskaleng

PULOGADUNG (Pos Kota) – Peduli dengan lingkungan membuat lelaki separuh baya, Ismoyo, mempercantik karya lukisannya dengan kaleng bekas.


Maka, sosok Presiden RI Pertama Ir. Soekarno yang sedang melambaikan tangannya yang berada dalam bingkai berukuran 100×200 meter itu terlihat cukup artistik.


“Ya, ini memang terbuat dari minuman kaleng yang kami daur ulang menjadi hiasan. Daripada dibuang dan menjadi sampah mendingan kami sulap menjadi hiasan,” ucapnya.


Lelaki berusia 50 tahun ini awalnya hanya mencoba-coba, dan saya berpikir,” Kaleng ini bisa dijadikan hiasan, dan menghasilkan uang.”


Rp300,000- RP2 JUTA


Warga Jalan Inspeksi Kali Sunter sekaligus Ketua RT 01/01, Kelurahan Pulogadung, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur ini membandrol harga karyanya pada kisaran Rp300 ribu hingga Rp2 juta, bergantung dengan besar ukuran kaleng dan gambar.


“Ya, alhamdulillah. Bersyukur usaha yang saya gapai selama dua tahun ini bisa membantu kebutuhan keluarga saya. Untuk pengembangan kami dibantu oleh Sudin Perindustrian dan Energi Jaktim,” katanya.


Kasie Industri Logam Mesin Tekstil dan Anek (ILMTA) Sudin Perindustrian dan Energi, Guntur, mengagumi hasil karyanya. “Ini bagus dan kami akan memamerkan hasil-hasil tersebut dalam kegiatan Sentra Timur Fair 2013,” katanya. (M1/si)


Teks : Ismoyo, pengrajin daur ulang minuman kaleng bekas menjadi barang berharga