Kasus Angie, KPK Ajukan Kasasi




Jumat, 14 Juni 2013 20:40:21 WIB




Divonis Pengadilan Tinggi 4 ,5 Tahun


kasangier146

JAKARTA (Pos Kota) – Terkait perkara terdakwa kasus korupsi Angelina Patricia Pingkan Sondakh alias Angie, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana mengajukan kasasi menyusul ditolaknya banding di Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU).


“Kami akan segera rapat memutuskan tindak lanjutnya. Besar kemungkinan akan kasasi,” kata Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (14/6).


Hal senada juga disampaikan Busyro Muqoddas, Wakil Ketua KPK lainnya. “Akan kami telaah dulu argumen konsideran hukumnya,” timpal Busyro. Sebelumnya, ia menilai vonis Angie cacat yuridis metodologis dalam memaknai fakta persidangan.


Sedangkan Juru Bicara KPK, Johan Budi mengatakan , terkait perkara ini, KPK akan mempelajari putusan PT DKI Jakarta untuk memutuskan langkah selanjutnya. Apakah akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atau tidak. “Nanti kita pelajari dulu apa langkah ke depannya,” ujar dia.


Angelina Sondakh alias Angie sebelumnya divonis empat tahun lima bulan pidana dan denda sebesar Rp250 juta subsidair enam bulan kurungan terkait kasus gratifikasi anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).


Putusan majelis hakim yang diketuai hakim Sudjatmiko ini jauh lebih rendah dari dakwaan JPU yang selama 20 tahun penjara dan tuntutan JPU dengan hukuman pidana selama 12 tahun penjara. Atas putusan itu, penuntut KPK mengajukan banding.


Namun terhadap permintaan banding, PT DKI Jakarta tetap menguatkan putusan Pengadilan Tipikor Jakarta dengan hukuman pidana selama 4,5 tahun penjara. Menurut Humas PT DKI Jakarta, Ahmad Sobari, putusan terhadap banding JPU KPK ini diputuskan pada 22 Mei 2013 lalu. (yulian)


Teks : Angie saat diadili di PN Tipikor