Ini Kemenangan Rakyat Indonesia




Minggu, 7 Juli 2013 00:18:13 WIB




Jaud Jordan Juara Duni Tinju IBO


ilusdaud

PERTH (Pos Kota) – Daud ‘Cino’ Yordan berhasil mewujudkan ambisinya meraih gelar juara dunia kelas ringan versi IBO selepas mengalahkan petinju Argentina, Daniel Eduardo Brizuela dengan susah-payah dan berdarah-darah di Perth Australia, Sabtu (6/7) malam.


Kemenangan tersebut sekaligus menebus kegagalan Daud saat ditekuk petinju Afrika Selatan Simpive Vetyeka di Jakarta, April lalu yang mengakibatkan gelar juara kelas bulu versi IBO yang disandangnya lepas.


“Ini kemenangan yang luar biasa, karena ternyata Eduardo tangguh. Tapi, saya bisa menundukkannya, dan kemenangan ini adalah kemenangan rakyat Indonesia,” teriak Daud saat mengenakan sabuk juaranya.


Pengamat tinju nasional, Hengky Silatang mengatakan, sejatinya Daud punya kesempatan banyak memenangkan duel dengan KO.


“Sejak ronde pertama sampai ronde enam, Daud boleh dibilang menguasai jalannya pertandingan. Bahkan di ronde awal hook kanannya yang keras sempat membuat lawan terhuyung di sudut ring. Sayangnya, entah kenapa Daud tidak meneruskan pukulannya,” komentar Hengky saat dihubungi Pos Kota selepas duel.


Memasuki ronde ke 7, terjadi jual beli pukulan dengan pertahanan kedua penjotos terbuka yang mengakibatkan pelipis atas kanan Daud terluka cukup parah. Akibatnya, darah pun mengucur dan itu sangat mengganggu konsentrasi Daud.


Kondisi itu dimanfaatkan Eduardo dengan banyak menyerang setelah sebelumnya dia lebih banyak menunggu dengan teknik counter.


Petinju Indonesia lainnya, Rasmanudin kalah angka dari petinju tuan rumah Australia, Jason Cooper. Dia gagal merebut sabuk juara kelas bantam Asia Pasifik versi IBO. (ali/si)