Masuk Daftar Haji? Klik www.haji.kemenag.go.Id




Senin, 15 Juli 2013 23:43:14 WIB




wibsite157

JAKARTA (Pos Kota) – Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan nama-nama calon jamaah haji (calhaj) yang masuk daftar berangkat, dan tunda pada musim haji tahun ini lewat websitenya.


Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Anggito Abimanyu. “Bagi masyarakat yang ingin melihat nama-nama calhaj masuk daftar berangkat dan tunda tahun ini, bisa melihat dan mengakses melalui website dengan alamat www.haji.kemenag.go.Id,” kata Anggito, Senin.


Ia mengatakan hasil verifikasi terhadap haji reguler terdapat 575 jemaah haji lunas yang menunda keberangkatannya. Jamaah yang tertunda ini, karena mereka sudah berhaji, atau jamaah yang terpisah dari keluarga inti baik anak dan orangtua maupun suami istri serta mereka yang dengan alasan sakit dan batal.


“Kemudian ke-575 calhaj tersebut menjadi prioritas keberangkatan pada musim haji depan. Sedangkan hasil verifikasi untuk calhaj khusus (ONH Plus) terdapat 594 orang yang menunda keberangkatannya dengan berbagai alasan, sehingga mereka ini akan menjadi prioritas tahun depan,” tutur Anggito.


Ia juga menegaskan sepenuhnya proses penetapan calhaj yang berangkat maupun tunda sepenuhnya dilakukan melalui sistem dan tidak ada campur tangan siapapun. Demikian juga pengisian terhadap kekosongan porsi dilakukan dengan cara memasukkan nomor urut porsi dengan cara otomatis.


“Dengan penetapan calon jemaah haji berangkat ini, sudah tidak terdapat lagi kuota haji nasional. Baik reguler maupun khusus,” papar Anggito. (Johara)