Prancis Jawara Piala Dunia U-20, Ghana Ketiga




Minggu, 14 Juli 2013 11:30:18 WIB




France's team celebrates victory against Uruguay in the final match of the FIFA Under-20 tournament in Istanbul

ISTANBUL (Pos Kota) – Timnas Prancis Muda berhasil menjadi jawara Piala Dunia U-20 untuk pertama kalinnya setelah mengalahkan Uruguay 4-1 dalam drama adu penalti usai bermain imbang tanpa gol selama 120 menit pertandingan di Türk Telekom Arena, Minggu (14/7) dinihari WIB tadi. Sementara itu, Ghana Muda menjadi juara ketiga pasca menang 3-0 atas Irak pada hari yang sama di Stadion Hüseyin Avni Aker.


Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, Prancis Muda yang tampil menyerang sejak awal laga mampu mendominasi permainan. Sayang, sejumlah usaha yang dilakukan Paul Pogba dan kawan-kawan selalu menemui kebuntuan lantaran ketatnya barisan lini pertahanan Uruguay. Wakil dari Amerika Selatan itu bahkan kerap kali menebar ancaman lewat serangan balik yang mereka peragakan. Namun kesigapan Alphonse Areola di bawah mistar gawang Prancis, sejumlah peluang Uruguay berhasil digagalkan.


Selanjutnya, dominasi permainan terus dikuasai Prancis, meski skor imbang tanpa gol tetap bertahan hingga turun minum. Situasi tersebut terus bertahan hingga akhirnya Uruguay mulai bangkit untuk mengambil alih jalannya pertandingan sejak menit ke-70. Aksi Nicolas Lopez dan kawan-kawan bahkan kerap membuat lini belakang Prancis kerepotan, meski lagi-lagi gol yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang, Skor imbang tanpa gol pun kembali bertahan hingga 90 menit pertandingan.


Hasil itu membuat kedua tim terpaksa harus memainkan babak tambahan 2×15 menit. Di babak ini, Uruguay kembali melanjutkan dominasi mereka dan mencatat dua peluang emas lewat Gino Acevedo dan Giorgian de Arrascaeta. Sayang, kedua peluang itu berhasil digagalkan berkat kesigapan para pemain belakang dan Areola di bawah mistar gawang Prancis. Akibatnya, skor Simbang tanpa gol kembali tidak berubah sehingga memaksa kedua tim harus menentukan kemenangan lewat adu penalti.


Dari keempat algojo yang dipersiapkan kedua tim, tiga pemain Uruguay gagal menjebol gawang Areola. Sementara satu-satunya pemain yang berhasil menaklukkan Areola, adalah Lucas Olaza. Sedangkan keempat algojo Prancis, yakni Pogba, Jordan Veretout, Axel N’Gando, dan Dimitri Foulquier, mampu menjebol gawang Uruguay, kawalan De Amores. Prancis pun menang dengan skor 4-1, sekaligus menabiskan mereka sebagai jawara untuk pertamakalinya sejak digelar tahun 2005 silam.


Pada laga sebelumnya, Ghana yang merupakan jawara Piala Dunia U-20 tahun 2009 lalu, berhasil menjadi juara ketiga tahun ini setelah menang 3-1 atas Irak. Tiga gol penentu kemenangan Ghana dicetak Joseph Attamah (35′), Ebenezer Assifuah-Inkoom (45′), dan Frank Acheampong (78′). Hasil itu sekaligus menjadi kekalahan perdana Irak dalam waktu normal selama berlaga di Piala Dunia U-20 di Turki tahun ini.


(junius/sir)