Puing-puing Bekas Rusuh di LP Tanjung Gusta Dibersihkan




Minggu, 14 Juli 2013 10:09:11 WIB




Sisapuing147

MEDAN (Pos Kota) -Petugas Lapas Tanjunggusta Medan dibantu TNI memfokuskan untuk membersihkan puing bangunan kantor pasca kerusuhan.


“Kami fokus pada perbaikan, karena banyaknya kerusakan. Jadi jam kunjungan untuk sementara ditiadakan,” kata Kepala LP Tanjung Gusta, Muji Raharjo.


Dijelaskan Muji, sampai sejauh ini pihaknya belum memutuskan kapan jam berkunjung kembali dibuka. Sebab, mereka belum bisa memastikan kapan proses pembersihan puing sisa kebakaran selesai dilakukan.


Di tempat terpisah Kakanwil Kemenkumham Sumut, Budi Sulaksana, memastikan arsip napi tidak ada hilang atau musnah terbakar dalam kasus kerusuhan di Lapas Tanjunggusta Medan.


“Para napi yang nantinya akan mendapatkan remisi pada Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1434 H dan tidak terganggu. Semua berkas sudah ada pertinggal di Kantor Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumut dan Dirjen Kemenkumham RI,”tutupnya.


MARKAS BRIMOB


Aparat Polda Sumut baru berhasil menangkap 5 narapidana kasus teroris yang kabur dalam peristiwa kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan Tanjunggusta Medan, Kamis 11 Juli lalu. Para napi kasus teroris tersebut akan ditahan di Markas Brimob Polda Sumut


Kelima napi teroris tersebut masing-masing Anton Sujarwo alias Supriyadi, Abu Azam alias Zumirin alias Sobirin, Jaja Miharja alias Ashim, Syafrizal dan Gema Ramadhan.


Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Raden Heru Prakoso, mengungkapkan kelima napi kasus terorisme yang tertangkap tersebar di beberapa Polres yakni Polres Langkat, Polres Belawan dan Polresta Medan.


“Untuk pertimbangan keamanan, nantinya mereka akan ditempatkan di tahanan Satuan Brimob Sumut di Medan,” kata Heru kepada wartawan di Medan, Sabtu (13/7).


Sementara informasi yang berkembang ada 10 napi teroris yang belum ketangkap.


Kepala LP Tanjunggusta Muji Raharjo menyatakan dari 2.636 orang napi yang berada di LP Tanjunggusta, sebanyak 212 napi berhasil melarikan diri. Hingga saat ini 97 narapidana berhasil ditangkap kembali termasuk 5 orang teroris. (samosir)


Teks : Petugas membersihkan puing bekas rusuh di LP Tanjung Gusta