Indonesia Bertekad Pupus Kutukan




Rabu, 18 September 2013 09:03:21 WIB




Saat Hadapi Malaysia U-19


timnas-u19

JAKARTA (Pos Kota) – Pelatih Indonesia Indra Safri menegaskan tak ada keinginan untuk bermain imbang menghadapi Malaysia pada laga terakhir grup B Piala AFF di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Rabu (18/9) malam.


Laga Indonesia-Malaysia bisa jadi merupakan el clasico atau pertandingan klasik Asia Tenggara yang emosional , di mana pasukan Negeri Jiran itu seringkali menggagalkan Indonesia meraih gelar-gelar sepakbola bergengsi Asia Tenggara pada berbagai level tim nasional.


Pasukan Garuda Muda pun bertekad memupus kutukan yang sering dikalahkan oleh Harimau Muda julukan bagi Timnas Malaysia. Terakhir Garuda Muda dikalahkan Malaysia di Final Piala AFF U-16.


“Tim harus lebih fokus dan disiplin, tidak keburu puas dengan kemenangan lawan Thailand karena posisi Indonesia sama sekali belum aman. Malaysia tetap salah satu kontestan terbaik di turnamen ini,” tandas Indra saat dihubungi, Selasa (17/9).


Indonesia dalam momentum terbaik untuk membungkam Malaysia, baik dari aspek mental maupun kualitas permainan. Menurut Indra, tim ingin terus meraih kemenangan.


“Malaysia harus menang untuk lolos. Posisi itu yang membuat mereka akan berupaya bermain sebaik mungkin. Anak-anak tidak boleh turun kualitas permainannya,” tegas Indra. Diharapkan dua pemain yang sempat cedera seperti Muchlis Hadi Ning Saifullah dan M Hargianto bisa kembali dimainkan. Keduanya merupakan bagian dari komposisi terbaik Timnas Indonesia sepanjang turnamen ini.


BOLA ATAS

Menghadapi Malaysia, Indra Safri mewaspadai bola-bola atas melalui umpan silang lawan yang menjadi salah satu titik lemah Indonesia.


Untuk itu, pemain lini bertahan pertama Indonesia tidak boleh memberi ruang bagi lawan melepaskan umpan silang. Apabila pemain-pemain Indonesia bisa bermain seperti saat menghadapi Thailand, rasanya tim ini bisa membayarkan ‘sakit hati’ pecandu bola Indonesia yang seringkali dikalahkan Malaysia.


Sebaliknya, menghadapi tuan rumah Indonesia, menurut pelatih Harimau Muda, Aminuddin Hussin, pihaknya menempa mental pemain.


“Kita hanya punya satu hari untuk recovery. Kita fokus perbaikan mental saja. Sebab, saat lawan Timnas Indonesia, stadion pasti penuh suporter. Mental pemain kami harus kuat,” ujarnya. (awang/ si/o)


PRAKIRAAN PEMAIN

Indonesia (4-3-3): Ravi Murdianto (gk), Putu Gede, Fatchurrahman, Hansamu Yama, Sahrul Kurniawan; Evan Dimas, Zulfiandi, M Hargianto; Ilham Udin, Maldini, Muchlis Hadi Ning.


Malaysia (4-4-2): Amierul Awang (gk), Amirul Hisyam, Syazwan Zaipol, Alif Haikal, Aris Anwar; Thanabalan Nadarajah, Faris Rosli, Nur Shamie Amin, Fauzan Fauzi; Arif Fadzilah, Adam Nor Azlin.