Mahasiswa IPB, Sushi Makanan Jepang Dibuat Rasa Indonesia




Kamis, 12 September 2013 12:03:45 WIB




kuliner3

BOGOR (Pos Kota) – Sushi adalah makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta). Makanan berupa makanan laut ini berisi, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak.


Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam dan gula. Namun oleh seorang mahasiswa IPB, sushi dibuat unik dengan rasa khas Indonesia, karena dibuat dengan sentuhan bahan baku lokal asli Indonesia.


Seperti dipaparkan mahasiswi IPB peserta Pimnas XXVI, Nur Laili Fitriani Zaen, seorang anggota tim dari Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK). Dengan mengambil judul: “CORIRO (Colorful Rice Roll) Sushi Roll dibuat dengan perwarna alami berbahan dasar beras lokal.


Makanan ini oleh mahasiswi IPB lalu disajikan sebagai alternatif Jajanan sehat dan praktis bagi masyarakat aktif. “Kelebihannya adalah menggunakan bahan baku lokal asli Indonesia, dan tentunya mengikuti selera lidah Indonesia yang suka sayur-sayuran,”kata Laili.


Laili mengatakan sushi yang dibuat timnya itu adalah modifikasi dari sushi yang ada, yaitu dengan menggunakan campuran beras asli Indonesia dan beras ketan, dengan komposisi yang telah ditentukan sebelumnya.


“Untuk isinya, tetap ikan segar ditambah dengan aneka sayur seperti buncis, wortel, dan sebagainya. Rencananya tahun depan akan segera diurus sertifikat jaminan halal, dan akan segera membuka gerai di Bogor,”paparnya.


Sementara untuk pewarna, sebagaimana makanan sehat lainnya, Laili dan timnya lebih memilih pewarna alami yang berasal dari sayuran seperti warna jingga dari wortel dan cabai merah, hijau dari bayam, serta kuning dari kunyit.


“Kami sengaja membuat sushi ini untuk mereka yang aktif dan tidak sempat menyediakan makanan sehat sendiri,”ungkapnya.

PKMK ini di bawah bimbingan Prof. Dr.Ir.Sri Laksmi Suryaatmadja, MS dengan anggota tim Muhammad Wildan M, Amelia Septiany, Hilman Dwi Putra, Nur Laili Fitriani Zaen dan Lulu Maknun.


Lokasi presentasi tersebar di Fakultas Teknik , Fakultas Pangan dan Agronomi, dan Fakultas Hukum Universitas Mataram.

Tim IPB mengaku presentasi cukup lancar karena sudah melakukan persiapan pada saat karantina.


(yopi/sir)