Muenchen Sukses Permalukan Tuan Rumah Manchaster City 3-1




Kamis, 3 Oktober 2013 07:08:44 WIB




davialaba310

MANCHESTER (Pos Kota) – Berkat gol Franck Ribéry, Thomas Müller, dan Arjen Robben, Bayern Muenchen sukses mempertegas posisi mereka sebagai pimpinan Grup D dalam lanjutan Liga Champions, usai mempermalukan tuan rumah Manchester City 3-1 di Stadion Etihad, Kamis (4/10) dinihari WIB. Kemenangan itu sekaligus menjadi bukti, betapa Muenchen di bawah asuhan Pep Guardiola dengan status juara bertahan, masih sulit diatasi.


Muenchen yang musim lalu sukses menjadi jawara Liga Champions di bawah asuhan Jupp Heynckes, kembali membuktikan tekad mereka untuk mempertahankan gelar itu musim ini di bawah asuhan Guardiola. Sedangkan City yang tampil di bawah asuhan Manuel Pellegrini musim ini, berusaha menghapus predikat sebagai tim pecundang setelah finis sebagai juru kunci di fase grup Liga Champions musim lalu.


Namun Muenchen rupanya masih terlalu perkasa bagi City. Buktinya, baru tujuh menit laga berjalan, skuad Guardiola sudah bisa membuka keunggulan lebih dulu lewat gol Ribery. Usai menerima umpan jauh Rafinha, Ribery melakukan sedikit sentuhan dan menusuk ke tengah. Pemain terbaik Eropa itu pun melepaskan tembakan keras dengan kaki kanan yang langsung merobek jala tuan rumah, kawalan Joe Hart.


Selanjutnya, Muenchen yang sukses mendominasi penguasaan bola, mampu mempertahankan keunggulan 1-0 hingga turun minum. Memasuki babak kedua, lini tengah City masih sulit mengimbangi permainan para gelandang Muenchen yang dimotori Bastian Schweinsteiger, Robben, Ribery, dan Toni Kross. Walhasil, gawang Hart kembali harus kebobolan pada menit ke-56. Kali ini umpan Dante kepada Muller sukses dimaksimalkan.


Muenchen pun menjauh dua gol tanpa balas. Jurang makin terbentang saat Robben kembali mengoyak jala Hart. Berawal kegagalan Fernandinho menguasai bola, Kroos yang suskes merebutnya langsung menggulirkan bola ke arah pemain Belanda ini. Robben pun tak menyia-nyiakannya kesempatan untuk melepaskan tembakan yang tak mampu dihalau Hart.


Setelah unggul 3-0, Robben dan Riberry ditarik keluar. Kesempata itu digunakan oleh City untuk bangkit. Namun sayang City hanya mampu mencetak satu-satunya gol hiburan lewat aksi Alvaro Negredo (79′), sebelum Muenchen harus mengakhir laga dengan 10 orang akibat kartu merah Jérome Boateng (86′). Dengan kemenangan 3-1 itu, Muenchen unggul tiga angka dari City di posisi kedua. City hanya unggul produktivitas gol dari CSKA Moscow yang memetik tiga angka perdana dengan menglahkan tamunya Viktoria Plzen 3-2 di hari yang sama. (junius)


Teks : Ribery meluapkan kegembiraan disusul David Alaba (belakang) setelah berhasil menjebol gawang Manchaster City