Warga Minta Pohon Rindang di Jalan Raya Cidodol Dipangkas



Sabtu, 9 November 2013 06:38:27 WIB




aspohon911

KEBAYORAN LAMA (Pos Kota) – Mengantisipasi jatuhnya korban jiwa atau kerugian materi akibat pohon tumbang di saat mulai tingginya intensitas hujan, Suku Dinas Pertamanan Jakarta Selatan terus memangkas pohon yang sudah sangat rindang.


“Intensitas hujan yang mulai tinggi disertai angin kencang berpotensi menyebabkan pohon tumbang, apalagi di Jaksel memang banyak pohon berusia puluhan tahun yang setiap saat rawan tumbang,” kata Kepala Suku Dinas Pertamanan Jaksel, Nandar Sunandar, Jumat (8/11).


Untuk itu, pihaknya gencar memangkas pohon rawan tumbang yang tersebar di 10 kecamatan. Pemangkasan pohon dilakukan rutin setiap tahun baik dari anggaran Sudin maupun Camat melalui sumber anggaran penguatan.


Termasuk akan mencukur pohon-pohon yang besar dan lebat di kawasan Kebayoran Lama seperti yang dikeluhkan masyarakat.


Penjelasan Kasudin Pertamanan Jaksel ini menindaklanjuti protes masyarakat melalui SMS Aspirasi Pembaca di Pos Kota. Isi pesannya yakni: “Camat Kebayoran Lama dan Lurah Grogol Selatan. Tolong dipangkas pohon-pohon Akasia dan Mahoni yang ruwet karena membelit kabel-kabel listrik PLN yang ada di pertigaan lampu merah Jl. Cidodol,” pinta Frans Budiman, pengirim SMS bernomor 085881028xxx.


Sepanjang 2013, Sudin Pertamanan Jaksel memangkas 9.000 pohon berpotensi tumbang atau patah (sempal) di antaranya jenis Mahoni, Akasia dan lainnya.


Selain pemantauan rutin lanjut Nandar, warga yang ingin memangkas pohon yang besar dan rimbun karena mengganggu kenyamanan maupun keamanan jiwa, dapat menghubungi seksi pertamanan kecamatan.


Jika dipandang membahayakan dan tidak bisa di-toping karena sudah lapuk dan rapuh maka akan ditebang. Hanya saja untuk penebangan harus ada rekomendasi dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI melalui Tim Pertimbangan Pengendalian dan Perlindungan Pohon (TP4).


Adapun Kawasan di Jaksel yang menjadi prioritas pemangkasan pohon antara lain Jl TB Simatupang, Sultan Iskandar Muda, arteri Pondok Indah, Gatot Subroto dan Panglima Polim. (Rachmi)


Teks : Pohon yang rindang di pertigaan lampu merah Jl. Cidodol, Kebayoran Lama, Jaksel yang akan dipangkas merespon keluhan masyarakat. (Rachmi)