Calon Dari PDIP Berpeluang Menang




Minggu, 9 Juni 2013 06:14:30 WIB




Di Pilkada Jawa Timur


ilusss

SURABAYA(Pos Kota)-Pasangan Calon Gubernur Jatim Bambang DH – Said Abdullah sebagai Calon Wakil Gubernur Jatim yang diusung oleh partai PDIP Jatim, berpeluang kalahkan pasangan Incumbent yaitu Soekarwo – Syaifullah Yusuf pada pemilihan Gubernur Jatim yang diadakan pada 29 Agustus 2013.


Peneliti dari Unair Surabaya, Airlangga Pribadi mengatakan kemenangan PDIP dalam pemilihan gubernur di Jakarta, Jawa Tengah dan tempat lain tentu memberi semangat bagi partai ini untuk terus mengulang kemenangan tersebut di daerah lain, seperti dalam pilgub Jatim 2013.


Terlebih, jarak di antara kemenangan itu berdekatan dengan pelaksanaan pilgub Jatim. Sehingga, ada momentum dan efek domino yang menguntungkan calon kepala daerah dari partai Moncong Putih.


“Saat ini semangat kader dan mesin politik PDIP di Jatim sedang dalam kondisi maksimal. Itu semua sebagai efek domino dari kemenangan PDIP di pilgub DKI dan Jateng belum lama ini. Bila momentum ini dijaga oleh partai, sangat mungkin jago PDIP bisa menjungkalkan incumbent di pilgub Jatim,”tegasnya.


Ditambahkan Airlangga, pasangan Bambang DH – MH. Said Abdullah (Bambang Said) akan memiliki semangat terutama dari mesin partai karena Jawa Timur menjadi penentu dalam peta politik menuju 2014. Kalau PDIP melalui pasangan Bambang Said mampu memenangkan pertarungan pilgub melawan KarSa, maka 2014 akan menjadi arena bagi kemenangan PDIP diatas Partai Demokrat yang saat ini justru dalam kondisi terpuruk. (nurqomar)