Perancis Ingin Menunjukkan Taji Saat Hadapi Brasil




Minggu, 9 Juni 2013 10:33:15 WIB




zema96

Brasil v Prancis

Senin (10/6), 02:00 WIB

Arena do Grêmio


GREMIO (Pos Kota) – Pelatih Tim ‘Ayam Jago’ Prancis, Didier Deschamps menegaskan bahwa ia akan menurunkan kekuatan penuh saat menghadapi tuan rumah Brasil dalam duel ujicoba di Arena do Grêmio, Senin (10/6) dinihari WIB nanti. Laga nanti akan jadi ajang pembuktian terhadap reputasi Deschamps dalam mengasah taji seraya menghentikan rekor tak pernah menang setiap kali menghadapi tim-tim Amerika Latin sejak 2001 silam.


Sebelumnya Prancis gagal menuntaskan ambisi pecah telur saat menyerah 0-1 oleh Uruguay, tengah pekan kemarin. Kali ini, Ayam Jago wajib menaikan ‘jengger’ di hadapan publik tuan rumah. Demi usaha menghentikan rekor buruk melawan tim-tim Amerika Latin, Deschamps siap menurunkan Karim Benzema. Penyerang Real Madrid itu sebelumnya diragukan tampil setelah mengalami cedera lutut sebelum melawan Uruguay.


Tapi kali ini Benzema diakui Deschamps sudah mulai berlatih untuk mempersiapkan diri melawan Brasil, meski pun kemungkinan akan duduk di bangku cadangan. “Kondisi Benzema sudah mulai mengalami kemajuan. Dia sudah bisa berlatih dan bergabung bersama tim. Tapi saya masih akan menyimpannya di bangku cadangan demi menghindari cedera yang berkepanjangan,” aku Deschamps seperti dikutip Sport.


Di sisi lain, Brasil juga punya ambisi untuk bisa memenangi pertandingan demi membuktikan reputasi mereka sebagai tuan rumah Piala Konfederasi, pertengahan Juni ini. Apalagi skuad besutan Luiz Felipe Scolari itu hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Inggris, tengah pekan kemarin. Artinya, Brasil kemungkinan juga akan tampil dengan kekuatan penuh demi usaha mengasah taji serta ketajaman sebelum berlaga di Piala Konfederasi.


Scolari masih akan mengandalkanm Neymar di lini depan, meski Marcelo diharapkan bisa menggantikan peran Luis Filipe di lini pertahanan. Sedangkan Deschamps tampaknya tidak akan banyak melakukan perubahan seperti yang ia turunkan saat melawan Uruguay. Olivier Giroud masih akan jadi andalan sebagai pengganti Benzema di lini depan, sementara Laurent Koscielny ditempatkan sebagai palang pintu pertahanan.


Brasil sejauh ini tidak memiliki modal yang cukup setelah hanya mampu memenangi satu dari enam pertandingan terakhir mereka di bawah asuhan Scolari. Juara Piala Dunia lima kali dan juara bertahan Piala Konfederasi itu juga selalu gagal memetik kemenangan setiap kali melawan tim-tim level atas Eropa. Sedangkan Prancis telah mengoleksi lima kemenangan dan dua hasil imbang dari sembilan pertemuan terakhir mereka melawan Brasil. (junius)


REKOR PERTEMUAN:

10-02-11, Prancis v Brasil 1-0

02-07-06, Brasil v France 0-1

21-05-04, Prancis v Brasil 0-0

07-06-01, Prancis v Brasil 2-1


PRAKIRAAN PEMAIN:

Brasil (4-2-3-1): Cesar (g); Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo; Fernando, Paulinho; Neymar, Oscar, Moura; Fred.

Prancis (4-2-3-1): Lloris (g); Sagna, Koscielny, Mangala, Tremoulinas; Capoue, Matuidi; Payet, Valbuena, Gourcuff; Giroud.


Teks : Karim Bensema siap diturunkan saat Prancis menghadapi tuan rumah Brasil dalam pertandingan persahabatan