Indonesia Kalah 0-1 Dari Singapura




Minggu, 14 Juli 2013 11:35:37 WIB




timnas garuda1

SINGAPURA (Pos Kota) – Lewat gol tunggal Shafiq Gani dari titik putih, Singapura berhasil mengalahkan Timnas Indonesia u-23 pada laga ujicoba yang berlangsung di Stadion Jalan Besar, Singapura, Sabtu (13/7) malam WIB kemarin. Pelatih Tim Garuda Muda, Rahmad Darmawan menyesalkan performa lini depan Indonesia yang dianggapnya tidak efektif dalam penyelesaian akhir, sehingga sejumlah peluang Garuda Muda kerap menemui kebuntuan.


“Kami sering membuat pelanggaran tidak perlu di babak pertama. Kami tidak mampu memaksimalkan peluang yang kami peroleh. Pertahanan Singapura sangat kuat dan penyelesaian akhir kami tak efektif,” aku pelatih yang kerap disapa RD tersebut kepada wartawan usai pertandingan seperti dikutip Goal Singapura.


Bermain di depan publik sendiri, Singapura langsung mengambil inisiatif melancarkan serangan. Akibat lini pertahanan Indonesia dibuat keroptan sehingga Syahrizal harus membuat blunder pada menit kesembilan. Saat menguasai bola di kotak penalti tanpa tekanan dari lawan, Syahrizal memberikan umpan pendek kepada Seftia Hadi, yang justru sedang bergerak maju untuk membantu serangan. Bola liar akhirnya diserobot pemain Singapura.


Syahrizal terpaksa menjatuhkan pemain tersebut, yang tinggal berhadapan dengan kiper Andrytani sehingga menghasilkan hadiah penalti untuk Singapura. Shafiq Gani yang ditunjuk sebagai eksekutor, kemudian melaksanakan tugasnya dengan sempurna sehingga merubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah yang bertahan hingg turun minum. Di babak kedua, usaha Garuda Muda untuk mengejar ketinggalan kerap menemui kebuntuan dan membuat skor 1-0 bertahan hingga laga usai.


Dengan hasil ini, Indonesia sendiri masih akan melakukan perubahan dan RD mengaku masih memiliki waktu untuk memantau pemain yang akan dimasukkan ke dalam skuad timnas U-23 jelang SEA Games di Myanmar akhir tahun ini. “Saya punya 65 pemain yang akan dipilih untuk masuk ke skuat SEA Games nanti,” lanjut pelatih yang juga mengarsiteki kLub Arema Indonesia.


Perlu diketahui, dalam laga itu, Singapura menurunkan pemain yang mayoritas berasal dari satu klub, LionsXII. Ini adalah klub asal Singapura yang bermain di Liga Super Malaysia. Dari 24 nama yang dibawa, hanya Afiq Yunos dan Delwinder Singh yang bukan berasal dari LionsXII. Karena itupula, Singapura U-23 lebih unggul dari segi kekompakan. Sedangkan RD hanya menurunkan Bayu Gatra sebagai penyerang tengah, didukung trio gelandang serang Sunarto, Ferinando Pahabol dan Andik Vermansyah.


(junius/sir)