Pedagang Mainan di Pasar Gembrong Panen Raya




Senin, 12 Agustus 2013 06:55:03 WIB




gembrong128

LIBUR Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah ternyata memberi berkah bagi penjual mainan anak. Pedagang di Pasar Gembrong, Jakarta Timur dan Pasar Pagi Asemka, Jakarta Barat, panen raya.


Pasar Gembrong di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Jatinegara ini ramai dikunjungi konsumen yang membawa anak-anaknya untuk membeli mainan. Jenis mainan yang paling banyak diburu yakni game boy PVP PXP, skuter, mobil remote control, hingga airsoft gun.


Feri, pedagang airsoft gun, mengatakan, pembeli mulai ramai sejak hari raya. Jika hari biasa, hanya bisa menjual 10 unit, usai lebaran ini, bisa menjual 25 unit per hari.


Untuk harga, kata Feri, sangat bervariasi. “Jenis pistol dijual seharga Rp40 ribu per unit. Jenis senapan otomatis Rp225 ribu,” katanya, kemarin.


Sri, pemilik toko mainan Sahabat mengaku selama libur lebaran ini omset yang diperoleh naik sekitar hingga 50 persen. “Kalau hari biasa omset kita sekitar Rp10 juta – Rp12 juta per hari. Tapi sudah dua hari ini meningkat tajam.”

J

enis mainan yang paling banyak dicari pembeli yakni mobil remote control, skuter, dan game boy PVP PXP. Untuk mobil remote control dijual Rp200 ribu-Rp250 ribu, skuter dijual antara Rp700 ribu-Rp750 ribu, dan game PVP Rp200 ribu-Rp250 ribu per unit.


UNTUNG 3 KALI


Keramaian konsumen mainan juga terlihat di Pasar Pagi Asemka di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, sehingga sulit dilintasi kendaraan.. Mainan yang paling banyak dibeli yakni mobil-mobilan, robot-robotan, dan boneka.


Sofian pedagang mainan yang berjualan di kolong fly over Pasar Pagi Asemka mengatakan, sudah menjadi tradisi saat libur lebaran, Pasar Pagi Asemka ramai dikunjungi pembeli. “Umumnya, para pengunjung berbelanja mainan untuk anak-anaknya dan aksesoris wanita. Karena hari ini banyak pembeli, maka untung yang diperoleh bisa tiga kali lipat dari hari biasa.”


Jenis mobil mainan Tamiya dan mobil-mobilan yang menggunakan remote control paling banyak dibeli. Harga mobil-mobilan jenis tamiya Rp10 ribu – Rp 30 ribu. Mobil-mobilan remote dijual seharga Rp100 ribu sampai Rp350 ribu. “Tapi kebanyakan anak-anak membeli mobil-mobilan jenis tamiya,” ujar Sofian, tanpa merinci keuntungan yang diperoleh.


NAGA TEMPUR


Wawan,pedagang mainan robot-robotan, mengatakan mainan robot-robotan naga tempur atau dragon warrior dan jagoan super hero lainnya yang dikemas dalam satu paket dari ukuran yang besar sampai yang kecil dijual Rp75 ribu-Rp300 ribu.


“Tapi ada juga mainan lainnya seperti mobil-mobilan seharga Rp10 ribu sampai Rp25 ribu. Pokoknya harganya terjangkau,” ucap Wawan.


Kumalasari, warga Perumahan Pondok Maharta, Cileduk, Tangerang bersama dua anaknya, sengaja datang ke Pasar Pagi Asemka untuk membeli mainan. “Kalau di toko harganya mahal. Sedangkan di sini harganya relatif murah dan banyak pilihan,” ucapnya. (john/ak)


Teks : Seorang anak tengah memilih mainan mobil-mobilan yang banyak dijual di Pasar Gembrong, Jakarta Timur (toga)