Pelebaran Jembatan Cimande Dipastikan Molor




Sabtu, 7 September 2013 06:43:37 WIB




ilusjem

BOGOR (Pos Kota) – Pengerjaan pelebaran jalan Jembatan Cimande di Jalan Raya Bogor Ciawi-Sukabimi (Bocimi), Desa Cimande, Kecamatan Caringin dipastikan molor dari jadwal yang sudah tentukan. Pasalnya, pemborong terkendala dengan pembebasan lahan yang hingga kini belum diselesaikan Pemkab Bogor.


Pelebaran jalan di masing-masing ujung Jembatan Cimande itu dikerjakan PT Fasko degan menggunakan dana APBN sebesar Rop 5,7 miliar.


Menurut pengawas proyek Hendarmin, pengerjaan mulai dilakukan Juni lalu dan harus selesai akhir September mendatang. “Sedangkan pengerjaan sampai saat ini baru sekitar 40 persen,” katanya, Jumat.


Menurutnya, molornya pengerjaan ini disebabkan Pemkab Bogor belum menyelesaikan pembebasan lahan milik 13 warga di sekitar jembatan . “Tugas kami mengerjalan fisik, pemkab diberi tugas membebaskan lahan. Bagaimana mau dikerjakan, lahanya belum dibebaskan. Sebab itu kita ajukan penundaan penyelesaian pekerjaan ke Kementerian PU, sebagai penguasa anggaran hinga akhir Desember nanti,” trambahnya.


Kasi Program Laporan Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kabupaten Bogor, Andri Wistianto mengakui jika lahan milik 13 warga Desa Ciherang Pondok, Cimande Hilir dan Lemah Duhur, Kecamatan Caringin belum tuntas. “Mereka minta harga tingggi, Kami hanya menawar Rp 2,2 juta per meter termasuk bangunannya, sedangkan mereka Rp 2,6 juta per meter,” katanya


Harga yang ditawarkan pemkab ini sesuai dengan anggaran buat pembebasan lahan Rp 6 miliar yang digeolontorakan dari Kementerian PU. “Sebab itu kita masih lakukan pendekatan terus. Apalagi kemacetan di sepanjang Jl. Bocimi ini salah satunya disebabkan sempitnya jalan di sekitar jembatan ini,” katanya.


Menurutnya, lewat pendekatan itu pada awal pekan lalu pihaknya berhasil menego warga. Hasilnya dari 13 warga kini tinggal beberapa lagi yang masih kekeuh dengan harga Rp 2,6 juta. “Kita optimis, mereka mau melepas lahannya, sebab jiak mereka bertahan akan dilimpahkan ke pengadilan,” tutupnya. (iwan)


Teks . Pengerjaan pelebatan di sekitar Jembatan Cimande tekendala pembebasan lahan. (iwan)