Mantan Kades Diduga Jual Lahan Untuk Makam



Minggu, 10 November 2013 16:43:50 WIB




makam1

BOGOR (Pos Kota) – Lahan permakaman buat warga tiga kampung ditenggarai djual oleh mantan kepala desa (Kades). Mengetahui ini warga Kampung Cipicung. Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi berang. Mereka mendesak Kades Mekarsari memanggil mantan Kades Enjay agar mengembalikan lahan pemakaman itu buat kepentingan umum.


Sejumlah warga mengaku baru mengetahui sekitar sebulan lalu jika lahan seluas 2,5 hektar di kampung mereka sudah dikuasai sebuah perusahaan swasta. “Kami kaget teryata sudah dijual seharga Rp 450 juta, padahal sejak zaman penjajahan, lahan ini digunakan buat pemakaman bukan hanya warga setempat, tapi juga dari Kampung Cipicung Kaler dan Gorogol.


”Kami kaget mengetahui lahan pemakaman itu sudah dijual oleh mantan Kades Enjay. Sebab itu kita mendesak Kades sekarang Junaedi mengembalikan lahan itu untuk kepentingan umat,” kata Unay, warga setempat, Minggu.


Menurutnya Kades Junaedi harus tegas termasuk jika diperlukan lewat jalur hukum. “Jika tidak, kami akan menunut bekas kades itu dan akan melawan perusahaan itu membongkar sekitar 80-an makam di lahan tersebut,” timpal warga lainnya.


Kades Mekarsari Junaedi mengatakan, pihaknya sedang berusaha mencari kebenaran informasi itu dengan mengumpulkan sejumlah tokoh masyarakat di Kampung Cipicung, Cipicung Kaler dan Kampung Grogol. “Dari peretmuan ketiga itu memang diketahui mantan kades telah menjual lahan itu ke persuhana swasta sebesar Rp 450 juta ,” katanya.


Dalam rapat itu pula, lanjutnya disepakati bekas Kades Enjay bersedia mengembailkan uang dan membatalkan perjanjian penjualan dari perusahaan swsata itu. Dia menolak kapan kepastian pembatalan tersebut, namun jika ada anggota keuarga di tiga kmapung yang meninggal. dan mau dikebumikan di lahan itu diperbolehkan. “Intinya kita berharap masalah ini cepat dituntaskan, sebab jika tidak, dapat memicu konflik dan kami tak mau itu terjadi,” tandasnya. (iwan)