Tidak Sekadar Menang Tapi Gengsi Penguasa



Minggu, 10 November 2013 10:24:03 WIB




Manchester United Vs Arsenal


Manchester United players celebrate after Real Sociedad's Martinez scored an own goal during their Champions League soccer match at Old Trafford in Manchester

MANCHESTER (Pos Kota) – Arsenal dengan julukan ‘Gudang Peluru’ akan menyatroni ‘Setan Merah’ Manchester United (MU) dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (10/11) malam WIB nanti. Tidak sekadar menang, ini adalah gengsi sang penguasa Arsenal sebagai penguasa klasemen dalam mengatasi hadangan MU di luar mitos yang tak logis hingga hitungan-hitungan secara matematis.


Sampai hari ini, para punggawa Gudang Peluru mungkin masih belum bisa melupakan kekalahan menyakitkan yang mereka derita dari MU di Old Trafford pada 28 Agustus 2011 silam. Saat itu, Arsenal yang mengalami krisis setelah penjualan beberapa pemain penting dihajar tanpa ampun dengan skor telak 2-8. Banyak kalangan bahkan minilai jika Old Trafford masih menjadi tempat yang angker bagi Arsenal, meski mereka datang dengan modal mengesankan pada laga nanti.


Ya, Arsenal kerap kali pulang dengan kepala tertunduk setelah bermain di Old Tarfford. Dalam sepuluh tahun terakhir, Arsenal baru bisa menang sekali setiap kali menyambangi MU di tempat yang sama. Artinya, kemenangan 1-0 atas tuan rumah Borussia Dortmund di Liga Champions, tengah pekan kemarin, bukan satu-satunya jaminan bagi pasukan Arsene Wenger itu untuk bisa mengakhiri mitos buruk di Old Trafford. Apalagi pasukan Wenger sudah tentu tampil dengan tekanan yang besar.


Mesut Ozil dan kawan-kawan dipaksa harus mampu menjaga jarak dari tiga tim di bawah mereka, yakni Chelsea, Liverpool, dan Tottenham Hotspur. Arsenal sukses mempertegas posisi mereka di pucuk klasemen sementara dengan 25 poin dari 10 laga, atau unggul lima angka dari Spurs. Namun di luar itu, Wenger menilai jika kemenangan atas MU lebih dari sekadar mitos yang tak logis atau hitung-hitungan secara matematis di antara kedua tim.


“Apa yang terpenting adalah kami percaya pada kualitas kami dan menunjukkan ambisi dan keinginan meraih apa yang ingin kami raih. Kami sudah banyak membuat perkembangan di lini belakang dalam permainan bertahan kami dan kami bermain bagus di dua laga terakhir, tapi masih banyak yang harus dikerjakan. Kami tidak berada dalam posisi untuk menyimpulkan kami ada di posisi untuk bersantai karena jkami belum memenangi apa pun,” tegas Wenger seperti dikutip Sky Sport.


Sebaliknya, MU yang masih mengalami labil performa dan tercecer di papan tengah dengan koleksi 17 poin, dipastikan ngotot memetik kemenangan setelah gagal di Liga Champions usai bermain imbang tanpa gol kontra Real Sociedad, tengah pekan kemarin. Kemenangan sangat penting bagi MU demi mengangkat kembali reputasi mereka seraya membidik tempat di zona Eropa. Maklum, MU kini hanya tertinggal dua angka dari batas akhir zona Eropa, hunian Manchester City.


(junius/sir)


Manchester United v Arsenal

Siaran Langsung SCTV

Minggu (10/11), 23:10 WIB

Old Trafford


REKOR PERTEMUAN:

28-04-13, Arsenal v Man United 1-1

03-11-12, Man United v Arsenal 2-1

22-01-12, Arsenal v Man United 1-2

28-08-11, Man United v Arsenal 8-2


PRAKIRAAN PEMAIN:

Man United (4-4-2): De Gea (g); Rafael, Vidic, Evans, Evra; Valencia, Carrick, Cleverley, Janzuaj; Rooney, Van Persie.

Arsenal (4-5-1): Szczesny (g); Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs; Flamini, Arteta, Ramsey, Cazorla, Ozil; Giroud.